Kami berusaha menjadi Agen Properti terbaik.

  • Phone Number
  • 08119502137 | 087873675111 | 0251-8358666
  • WISMA DIPLINES | Jln. Achmad Adnawijaya (Pandu Raya) - Drupada IV No. 1 , Kota Bogor, Jawa Barat , Indonesia 16152

Info

AGEN PROPERTI BOGOR adalah Salah Satu Agen Properti Terpercaya di Bogor. Segera hubungi kami untuk mempromosikan Properti Anda (Rumah, Apartemen, Komersial & Lahan)

Tips membeli rumah di perumahan

07 Oktober 2017

Perumahan masih menjadi alternatif pilihan keluarga yang ingin mendapatkan hunian nyaman, aman, letaknya yang strategis juga memiliki fasilitas terbaik yang disediakan oleh perumahan maupun fasilitas umum. Tak jarang banyak pengembang properti yang menawarkan harga rumah murah layaknya kacang dan mengabaikan kualitas bangunan atau akses menuju perumahan tidak strategis. Juga tak sedikit pembeli rumah yang merasa kecewa atas pilihannya karena terbujuk rayuan broker properti yang menawarkan rumah murah. Supaya Anda tidak mengalami kekecewaan dalam membeli rumah di perumahan, berikut tips membeli rumah di perumahan yang bisa Anda praktekkan :

1. Survey Lokasi terlebih dahulu

Lakukan survey lokasi ke setiap perumahan yang Anda lirik untuk dijadikan sebagai tempat tinggal tetap. Sebaiknya survey lokasi yang Anda lakukan dengan datang langsung ke lokasi perumahan tersebut, tidak melalui gambar internet saja. Karena terkadang kita bisa melihat dengan jelas kelebihan dan kekurangan perumahan tersebut bila meninjau langsung lokasi perumahannya. Jadi Anda tahu dengan pasti kawasan seperti apa perumahan yang hendak Anda huni tersebut.

2. Melihat tema proyek yang diusung oleh perumahan

Saat ini banyak pengembang properti yang memasukkan tema dalam pembangunan perumahan. Seperti tema perumahan islami, perumahan konsep minimalis, perumahan konsep mewah, perumahan konsep modern, perumahan konsep cluster dan banyak sekali konsep yang diusung oleh pengembang properti.

Dengan melihat tema yang diusung oleh pengembang properti ini, Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda juga lingkungan sekitar perumahan. Supaya Anda tidak kecewa dengan konsep yang Anda pilih, alangkah baiknya Anda datang langsung ke lokasi perumahan untuk survey lokasi.

3. Letak perumahan

Letak perumahan yang strategis dengan akses masuk yang mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, juga dekat dengan fasilitas umum tentu menjadi prioritas utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih perumahan. Meski akses masuk agak sedikit jauh dari jalan besar, namun terdapat akses kendaraan umum dan fasilitas umum, Anda juga wajib mempertimbangkannya. Karena hanya masalah waktu saja, wilayah perumahan yang Anda incar ini akan menjadi wilayah strategis.

4. Kumpulkan informasi sebanyaknya di kantor marketing

Alangkah baiknya ketika memilih perumahan, Anda mengumpulkan informasi sebanyak – banyaknya yang Anda inginkan. Mulai dari letak perumahan yang memiliki akses startegis atau tidak, akses kendaraan umum sulit atau mudah, akses ke fasilitas umum jauh atau dekat, kondisi bangunan rumah seperti apa, status rumah yang Anda incar termasuk siap huni atau inden terlebih dulu, dan masih banyak lagi informasi yang bisa Anda himpun dari brosur perumahan, bertanya langsung ke sales marketingnya atau bisa langsung mengunjungi lokasi dan bertanya di kantor marketing perumahan.

5. Perhatikan status rumah

Pihak pengembang perumahan pada jaman ini, tidak seperti pengembang properti jaman dahulu. Dimana properti yang mereka tawarkan siap huni tanpa menunggu waktu lama. Hal inilah yang harus Anda tanyakan dan pastikan terlebih dahulu kepada kantor marketing pengembang perumahan. Apakah status rumah yang hendak Anda tinggali ini berstatus siap huni atau harus inden terlebih dahulu dimana Anda memilih lokasi rumah dan desain rumah baru kemudian rumah dibangun oleh kontraktor.

6. Teliti lagi harga rumah

Pertanyaan sepele yang seringkali terlewatkan oleh Anda sebagai pembeli. Sebelum Anda melakukan transaksi membeli rumah idaman Anda, alangkah baiknya ada menanyakan beberapa halyang berkaitan dengan harga rumah. Seperti, apakah harga beli yang Anda bayarkan sudah termasuk pajak PPN 10% atau belum, apakah menyediakan fasilitas KPR bank, apakah sudah termasuk biaya Akta Jual Beli (AJB), apakah biaya perolehan hak atas tanah bangunan (BPHTB) sudah termasuk atau belum, dan juga apakah ada diskon bila Anda melakukan pembelian tanpa DP atau pembelian dengan hard DP. Dan banyak lagi pertanyaan yang berkaitan dengan harga rumah yang harus Anda tanyakan di awal sebelum proses pembelian. Atau bisa juga Anda siapkan pertanyaan – pertanyaan tersebut dengan menulisnya pada selembar kertas sebelum mengunjungi kantor pemasaran.

7. Periksa kualitas bangunan rumah

Memeriksa kualitas bangunan rumah sangat penting dilakukan sebelum proses pembelian berlangsung. Anda harus datang dan survey lokasi ke perumahan yang Anda idamkan terlebih dulu. Anda bisa bertanya bahan bangunan yang digunakan dalam membangun kontruksi rumah menggunakan bata merah atau batako, gentengnya seperti apa, kualitas air tanah bagaimana, kondisi kontur tanahnya seperti apa, karena berpengaruh pada munculnya rembesan air pada ubin bila perumahan di bangun di bekas area rawa atau dinding mengalami retak bila dibangun pada kontur tanah yang mudah bergerak. Dan masih banyak pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan kualitas bangunan rumah yang harus Anda tanyakan secara detail, terperinci dan harus Anda perhatikan dengan baik.

8. Perhatikan fasilitas yang ditawarkan perumahan

Jangan mudah tergiur dengan harga rumah murah yang jauh dari harga pasaran. Barangkali pengembang menawarkan harga murah lantaran akses lokasi perumahan sangat jauh dari jalan besar utama, akses masuk ke perumahan tidak dijangkau oleh kendaraan umum, letak perumahan yang jauh dari fasilitas umum, akses menuju jalan tol sangat jauh dan masih banyak lagi minimnya fasilitas yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika hendak membeli perumahan.

Misal akses masuk ke perumahan jauh dari jalan besau utama namun masih bisa diakses dengan kendaraan umu, Anda wajib mempertimbangkan kembali untuk membelinya. Karena nilai jual objek properti (NJOP) tiap tahun mengalami kenaikan, maka perumahan yang memiliki kondisi seperti ini, lambat namun pasti, dalam kurun 2 hingga 3 tahun kemudian akan menjadi jalur ramai. Karena mudahnya akses kendaraan umum.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan fasilitas yang ditawarkan oleh perumahan seperti apa. Misalnya apakah menyediakan fasilitas ruang terbuka hijau, tempat kesehatan, jaringan listrik, masjid, arena bermain anak, arena olahraga, misal perumahan tidak menyediakan segala fasilitas tersebut, Anda harus melihat lokasi perumahan apakah dekat dengan fasilitas umum seperti masjid, sekolah, pasar, rumah sakit dan fasilitas umum lainnya.

Itulah tadi beberapa tips membeli rumah di perumahan yang harus Anda pertimbangkan dengan masak terlebih dahulu sebelum mulai tergiur dengan penawaran harga rumah yang murah. Jangan abaikan kenyamanan tempat tinggal dengan harga rumah murah. Sebab, rasa nyaman dan aman harus menjadi prioritas utama ketika Anda hendak memilih rumah di perumahan.

comments powered by Disqus